Rabu, 02 Maret 2011

ISU-ISU INTERNASIONAL SEBAGAI DAMPAK GLOBALISASI

Akibat arus budaya global, isu-isu internasional banyak berpengaruh pada aspek politik.
a. Isu Tentang Demokrasi
Paham demokrasi berasaskan kedaulatan berada di tangan rakyat. Oleh karena itu, rakyatlah yang memegang kekuasaan tertinggi negara. Demokrasi sebagai sistem politik harus mengikutsertakan rakyat dalam pengambilan keputusan. Semua negara ingin disebut sebagai negara demokrasi. Negara-negara yang belum berpemerintahan demokrasi atau masih melakukan praktek pemerintahan otoriter banyak dikecam oleh negara lain. Negara otoriter umumnya terkucilkan dari pergaulan internasional.

b. Isu Tentang Hak Asasi Manusia
Masalah hak asasi manusia berkaitan erat dengan demokrasi. Sekarang dunia Internasional sangat memperhatikan penegakan hak asasi manusia. Adanya berbagai perang, pertentangan dan konflik antar bangsa dikarenakan adanya penindasan terhadap hak asasi manusia dan perilaku sewenang-wenang.

c. Isu Tentang Transparansi (keterbukaan)
Transparansi atau keterbukaan terutama ditujukan pada penyelenggaraan pemerintahan negara. Pemerintahan yang tertutup tidak akan lama bertahan sebab kemajuan informasi telah mampu menerobos berbagai ketertutupan yang disembunyikan pemerintah. Pemerintahan yang tertutup dianggap tidak demokratis karena tidak ada pertanggungjawaban publik dan tidak mengikutsertakan rakyat dalam bernegara.

d. Isu Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup merupakan isu internasional yang ditujukan kepada negara. Sekarang ini lingkungan hidup yang rusak dapat menjadi ancaman baru bagi umat manusia. Negara-negara yang memiliki kekayaan alam dan hutan dihimbau untuk serius dalam melestarikan lingkungan hidup.

e. Isu Tentang Pluralisme
Dalam masyarakat global, hubungan antar manusia akan semakin intensif dan tidak hanya manusia sebangsa, tetapi manusia yang berbeda ras, agama, nilai budaya, bahasa dan adat. Sikap menghargai keberanekaan perbedaan (pluralisme) sangat dibutuhkan.

f. Isu Tentang Pasar Global dan Pesaing Global
Dalam era global, barang, jasa dan produk dari berbagai negara akan masuk dan saling berkompetisi dengan produk lokal. Arus keluar masuk barang dan jasa tidak lagi dibatasi.

referensi : Widiartini,dkk.2008.KEWARGANEGARAAN.Jakarta:studia press

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar